Sebuah tausiyah dari Ustadz Anis Matta
![]() |
Sumber gambar : carapedia.com |
Walaupun satu keluarga kami tak saling mengenal
Himpunlah daun-daun yang berhamburan ini
Hidupkan lagi ajaran saling mencintai
Ajari lagi kami berkhidmat seperti dulu
-M. Iqbal
Itulah beberapa bait dari sajak doa iqbal. Mungkin batinnya menjerit
pada kesaksiannya atas zamannya: umat ini seperti daun daun yang
berhamburan. Seperti daun daun yang gugur diterpa angin, tak ada lagi
kekuatan yang dapat menghimpunnya kembali, menatanya seperti ketika ia
masih menggayut pada pohonnya.
Begitulah kenyataan umat ini:
mungkin banyak orang salih diantara mereka, tapi semuanya seperti
daun-daun yang berhamburan, tidak terhimpun dalam sebuah wadah bernama
jamaah, mereka hilang diterpa angin zaman. Mungkin banyak potensi yang
tersimpan pada individu-individu diantara mereka, tapi semuanya
berserakan di sana sini, tak terhimpun.
Maka, jamaah adalah alat
yang diberikan islam bagi umatnya untuk menghimpun daun-daun yang
berhamburan itu, supaya padu dengan kekuatan setiap orang shalih, orang
hebat atau satu potensi bertemu pada dengan kekuatan saudaranya yang
lain, yang sama shalihnya, yang sama hebatnya, yang sama potensialnya.
Jamaah juga merupakan cara yang paling tepat untuk menyederhanakan
perbedaan-perbedaan individu. Di dalam satu jamaah, individu-individu
yang mempunyai kemiripan disatukan dalam sebuah simpul. Maka, meskipun
ada banya jamaah, itu tetap lebih baik daripada tidak sama sekali.
Bagaimanapun, jauh lebih mudah memetakan orang banyak melalui
pengelompokan atau simpul simpulnya, ketimbang harus memetakan mereka
sebagai individu.
Maka jalan panjang menuju kebangkitan umat ini
harus dimulai dari menghimpun daun-daun yang berhamburan itu, merajut
kembali jalinan cinta diantara mereka, menyatukan potensi dan kekuatan
mereka, kemudian meledakkannya pada momentum sejarahnya, menjadi pohon
peradaban yang teduh, yang menaungi kemanusiaan.
Tapi, itulah
masalahnya. Ternyata, itu bukan pekerjaan yang mudah; ternyata, cinta
tidak mudah ditumbuhkan diantara mereka; ternyata, orang shalih tidak
mudah disatukan; ternyata, orang hebat tidak selalu bersedia menyatu
dengan orang hebat yang lain. Mungkin itu sebabnya, ada ungkapan di
kalangan gangster mafia: seorang prajurit yang bodoh, kadang-kadang
lebih berguna daripada dua orang jenderal yang hebat. Namun, tidak ada
jalan lain. Nabi umat ini tidak akan pernah memaafkan setiap orang
diantara kita yang meninggalkan jama'ah, semata-mata karena ia tidak
menemukan kecocokan bersama orang lain dalam jama'ahnya. Bagaimanapun,
kekeruhan jama'ah, kata imam Ali bin Abi thalib r.a jauh lebih baik
daripada kejernihan individu.
DARI INDIVIDU KE JAMA'AH
Orang-orang shalih diantara kita harus menyadari bahwa tidak banyak yang ia berikan atau sumbangkan untuk islam kecuali kalau ia bekerja di dalam dan melalui jama'ah. Mereka tidak dapat menolak fakta bahwa tidak ada orang yang dapat mempertahankan hidupnya tanpa bantuan orang lain; bahwa tidak pernah ada orang yang dapat melakukan segalanya atau menjadi segalanya; bahwa kecerdasan individual tidak pernah dapat mengalahkan kecerdasan kolektif. Bekerja di dalam dan melalui jamaah tidak hanya terkait dengan fitrah sosial kita, tapi terutama terkait dengan kebutuhan kita untuk menjadi lebih efisien, efektif, dan produktif.
Ada juga alasan lain. Kita hidup dalam sebuah zaman yang oleh
ahli-ahlinya dicirikan sebagai masyarakat jaringan, masyarakat
organisasi. Semua aktivitas manusia dilakukan didalam dan melalui
organisasi; pemerintahan, politik, militer, bisnis, kegiatan sosial
kemanusiaan, rumah tangga, hiburan, dan lain-lain. Itu merupakan kata
kunci yang menjelaskan, mengapa masyarakat modern menjadi sangat
efektif, efisien dan produktif.
Masyarakat modern bekerja dengan
kesadaran bahwa keterbatasan-keterbatasan yang ada pada setiap individu
sesungguhnya dapat dihilangkan dengan mengisi keterbatasan mereka itu
dengan kekuatan-kekuatan yang ada pada individu-individu yang lain.
Jadi kebutuhan setiap individu muslim untuk bekerja atau beramal islami di dalam dan melalui jama'ah, bukan saja lahir dari kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan produktivitasnya, tapi juga lahir dari kebutuhan untuk bekerja dan beramal islami pada level yang setara dengan tantangan zaman kita.
Musuh-musuh kita mengelola dan mengorganisasi pekerjaan-pekerjaan mereka dengan rapi, sementara kita bekerja sendiri-sendiri tanpa organisasi, dan kalau ada biasanya tanpa manajemen.
Pilihan untuk bekerja dan beramal islami di dalam dan melalui jama'ah, hanya lahir dari kesadaran mendalam seperti ini. Namun, kesadaran ini saja tidak cukup. Ada persyaratan psikologis lain yang harus kita miliki untuk dapat bekerja lebih efektif, efisien, dan produktif dalam kehidupan berjama'ah.
- Kesadaran bahwa kita hanyalah bagiandari fungsi pencapaian tujuan. Jama'ah didirikan untuk mencapai tujuan-tujuanbesar: jama'ah bekerja dengan sebuah perencanaan dan strategi yang komprehensifdan integral. Di dalam strategi besar itu, individu harus ditempatkan sebagaibagian dari keseluruhan elemen yang diperlukan untuk mencapainya. Jadi,sehebat apapun seorang individu, bahkan sebesar apapun kontribusinya, dia tidak boleh merasa lebih besar daripada strategi dimana ia merupakan salah satu bagiannya. Baegitu ada individu yang merasa lebih besar dari strategi jama'ah,strategi itu akan berantakan. Untuk itu, setiap individu harus memiliki kerendahanhati yang tulus.
- Semangat memberi yang mengalahkan semangat menerima. Dalam kehidupan berjama'ah terjadi proses memberi danmenerima. Namun, jika pada sebagian besar proses kita selalu pada posisimenerima, secara perlahan kita "mengonsumsi" kebaikan-kebaikan oranglain hingga habis. Itu tidak akan pernah mampu melanggengkan hubungan individudalam sebuah jama'ah. Betapa bijak nasihat KH. Ahmad Dahlan kepada warga Muhammadiyah, "Hidup-hidupkanlah Muhammadiyah, dan jangan mencari hidup dalam Muhammadiyah."
- Kesiapan untuk menjadi tentara yang kreatif. Pusat stabilitas dalam jama'ah adalah kepemimpinan yang kuat. Namun,seorang pemimpin hanya akan menjadi efektif apabila ia mempunyai prajurit-prajurit yang taat dan setia. Ketaatan dan kesetiaan adalah inti keprajuritan. Begitu kita bergabung dalam sebuah jama'ah, kita harus bersiap untuk menjadi taat dan setia. Akan tetapi, ruang lingkup amal islami yang sangat luas membutuhkan manusia-manusia kreatif, dan kreativitas tidakbertentangan dengan ketaatan dan kesetiaan. Jadi, kita harus menggabungkan ketaatan dan kreativitas; ketaatan lahir dari kedisiplinan dan komitmen,sementara kreativitas lahir dari kecerdasan dan kelincahan. Hal itu merupakanperpaduan yang indah.
- Berorientasi pada karya, bukan pada posisi. Jebakan terbesar yang dapat menjerumuskan kita dalam kehidupan berjama'ah adalah posisi struktural. Jama'ah hanyalah wadah bagi kita untuk beramal. Maka kita harus selalu berorientasi pada amal dan karya yang menjadi tujuan utama kita berjama'ah, dan memandang posisi struktural sebagai perkara sampingan saja. Dengan begitu, kita akan selalu bekerja dan berkarya, ada atautanpa posisi struktural.
- Bekerjasama walaupun berbeda. Perbedaan adalah tabiat kehidupan yang tidak dapat dimatikan oleh jama'ah. Maka, menjadi hal yang salaha jika berharap bisa hidupdalam sebuah jama'ah yang bebas dari perbedaan. Yang harus kita tumbuhkan adalah kemampuan jiwa dan kelapangan dada untuk tetap bekerja sama dengan perpecahan dan karena itu kita tetap dapatbersatu walaupun kita berbeda.
JAMAAH YANG EFEKTIF
Mungkin jauh lebih realstis untuk mencari jama'ah yang efektif ketimbang mencari jama'ah yang ideal. Kita adalah umat yang sakit. Setiap kita mewarisi kadar tertentu dari penyakit tersebut. Jika orang-orang sakit itu sering bertemu dalam sebuah jama'ah, pada dasarnya jama'ah itu juga merupakan jama'ah yang sakit. Itulah faktanya. Namun, tugas kita adalah menyalakan lilin, bukan mencela kegelapan.
Jama'ah yang efektif adalah jama'ah yang dapat mengeksekusi atau
merealisasikan rencana-rencanaya. Kemampuan eksekusi itu lahir dari
integrasi antara berbagi elemen: ada sasaran dan target yang jelas,
strategi yang tepat, sarana pendukung yang memadai, pelaku yang bekerja
dengan penuh semangat, dan lingkungan strategi yang kondusif. Jama'ah
yang didirikan untuk kepentingan menegakkan syariat Allah di muka bumi
akan menjadi efektif apabila ia memililki syarat-syarat berikut ini:
- Ikatan akidah, bukan kepentingan.Orang-orang yang bergabung dalam jama'ah itu disatukan oleh ikatan akidah,dipersaudarakan oleh iman, dan bekerja untuk kepentingan Islam. Mereka tidakdisatukan oleh kepentingan duniawi yang biasanya lahir dari syahwat;keserakahan (hubbud dunya) dan ketakutan (karahiatul maut).
- Jama'ah itu sarana bukan tujuan.Jama'ah itu tetap diposisikan sebagai sarana, bukan tujuan, sehingga tidak adaalasan untuk memupuk dan memelihara fanatisme sekedar untuk menunjukkankesetiaan pada jama'ah. Hilangnya fanatisme juga memungkinkan jama'ah-jama'ahitu saling bekerja sama diantara mereka, membangun jaringan yang kuat, dantidak terjebak dalam pertarungan yang saling mematikan.
- Sistem, bukan tokoh. Jama'ah itu akanmenjadi efektif jika orang-orang yang ada di dalamnya bekerja dengan sebuah sistem yang jelas, bukan bekerja dengan seseorang yang berfungsi sebagai sistem. Pemimpin dan prajurit hanyalah bagian dari strategi, sistem adalah sesuatu yang terpisah. Dengan cara ini, kita mencegah munculnya diktatorisme,dimana selera sang pemimpin menjelma menjadi sistem,
- Penumbuhan, bukan pemanfaatan. Sebuah jamaah akan menjadi efektif jika ia memandang dan menempatkan orang -orang yang tergabung ke dalamnya sebagi pelaku-pelaku, yang karenanya perlu ditumbuh-kembangkan secara terus menerus, untuk fungsi pencapaian tujuan jama'ah itu. Jama'ah itu akan menempatkan dirinya sebagai fasilitator bagi perkembangan kreativitas individunya, dan tidak memandang mereka sebagai pembantu-pembantu yang harus dipaksa bekerja keras, atau sapi-sapi dungu yang harus diperah setiap saat.
- Mengelola perbedaan, bukan mematikannya. Jama'ah yang efektif selalu mampu mengubah keragaman menjadi sumber kreativitas kolektifnya, dan itu dilakukan melalui mekanisme syura yang dapat memfasilitasi setiap perbedaan untuk diubah menjadi konsensus.***
0 komentar:
Posting Komentar